Halaman

Sabtu, 01 Juni 2013

Khasiat Temulawak

Mengenal Tambulawak

                Hari ini saya akan membahas hasiyat yang terdapat pada Buah Temulawak yang kebanyakan orang yang tidak tahu apa hasiatnya.

 Nah” Temubulawak dapat tumbuh dengan mudah,  di daerah tanah yang subur/ daerah tropis dan subtropis.

                Di daerah saya temubulawak, banyak di temukan di tempat-tempat yang subur, / daerah tropis dan subtropis dan tumbuh sendiri. masyarakat kebayakan tidak tahu untuk apa hasyiat temulawak. Mereka hanya menganggap tumbuhan temulawak itu sebagai tumbuhan/tanaman liar.

Ok , di babawah ini saya akan menerangkan apa sih’ temulawak itu, dan untuk apa  hasyiatnya dalam kesehatan kita :

A.      Mengenal temulawak

        Temulawak satu famili dengan anggota temu-temuan lainya, yakni :

 temu hitam ( curcuma aeruginosa ),

 kunyit (curcuma domenstica Val.)             

kencur (kaempferia galanga)                        

lengkuas (Lengkuas galaga), dan jahe (Zingiber  offcinale Rosc).

Temulawak termasuk dalam divisi Spermathohyta, subdivisi Angiospermae, kelas Monocotyledonea, bangsa Scitamineae, suku atau famili Zingiberaceae, marga Curcuma, dan spesies  Curcuma xanthoriza Roxb.

B.      Penyebaran tumbuhan temulawak

        Temulawak termasuk salah satu jenis temu-temuan yang tidak dapat dipisahkan dari kehidupan masyarakat Asia Tenggara. Daerah Jawa temulawak sudah lama di manfaatkan oleh mereka untuk berbagai keperluan.

Curcuma javanica dipercaya sebagai tumbuhan asli Indonesia yang kemudian menyebar ke berbagai Negara, seperti Cina, Malaysia, dan bagian selatan, Thailand, Myanmar, India, dan Filipina. Tumbuhan yang diduga kuat berasal dari,  Kalimantan ini menyebar kebeberapa wilayah Indonesia Seperti jawa barat, Sumatera, Bengkulu,Lampung, Sulawesih, dll.

        Di Prupensi Kalimatan Tengah, Lebih tepatnya, di Kabupaten Pulang Pisau Kecamatan Kahayan Kuala (Bahaur) sangat banyak ditemukan  tumbuhan Temulawak yang tumbuh di perkebunan kelapa, tampa ada campur tangan manusia ( tumbuh sendiri).

C.      Hasiyat Temulawak

a.       Kanduangan dan Senyawa Kimia

Temulawak mengadung  minyak asiri, zat kuning kurkuminoid, pati, protein, lemak (fixedoil), mineral, dan selulosa.

        Diantara komponen tersebut, yang paling banyak kegunaannya ialah pati, kurkuminoid, dan minyak asiri. Ketiganya sering digunakan, baik dalam industri maupun dalam rumah tangga.

        Pati merupakan komponen kimia terbesar dari rimpang temulawak. Pati temulawak berwarna putih kekuningan karena mengandung kukuminoid. Kadar protein pati temulawak lebih tinggi dibandingkan tanaman lainnya.

Kadar protein pati temulawak  sebesar : 1,5 %

Sedangkan pati jagung hanya : 0,8%

Pati gandum : 0,6%

Dan pati kentang : 0,4%

Komposisi pati temulawak lebih lanjut dapat dilihat dalam tabel di bawah ini.

        Berdasarkan Komposisi Kimia dalam tabel 1, pati

no
   

Komponen
   

Besaran

1
   

Abu
   

0,37
   

%

2
   

Protein
   

1,52
   

%

3
   

Lemak
   

1,35
   

%

4
   

Serat Kosar
   

0,80
   

%

5
   

Karbohidrat
   

79,96
   

%

6
   

Kurkumin
   

15,00
   

ppm

7
   

K
   

11,45
   

ppm

8
   

No
   

6,38
   

ppm

9
   

Ca
   

19,07
   

ppm

10
   

Mg
   

12,72
   

ppm

11
   

Fe
   

6,68
   

ppm

12
   

Mn
   

0,82
   

ppm

13
   

Cd
   

0,02
   

ppm

Temulawak dapat dikgunakan sebagai bahan makanan.  Pati temulawak ini mudah dicerna sehingga cocok digunakan sebagai makan bayi / makan orang yang baru sembuh dari saki dan sebagai campuran bahan makanan atau sumber karbohidrat.

b.      Aneka Khasiat dan manfaat temulawak

Temulawak dapat dimanfaatkan sebagai obat, sumber karbohidrat, bahan penyedap masakan dan minuman serta pewarna alami untuk makanan dan kosmetik. Oleh karena itu, di dalam daftar tumbuhan yang prospektif untuk dikembangkan. Semua bagian tanaman temulawak  dapat dimanfaatkan.

Dan yang paling berharga dan yang dapat dimanfaatkan  berbagai macam keperluan adalah rimpangnya.

Berdasarkan penelitian temulawak terbukti khasiatannya dalam menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Contohnya, gangguan  pungsi hati( lever),hepatitis maupun pelemakan pada hati.

Temulawak berpungsi sebagai kolagoya, meningkatkan produksi dan sekresi empedu, menurut kadar kolestrol hati, dan mengaktifkan enzim pemecah lemak di hati.

        Temulawak dapat digunakan sebagai obat anti iflamasi atau antiradang. Temulawak efektif untuk mengobati penyakit radang, sendi,  dan remati. Temulawak juga dapat menurukan kadar kolesterol total dan mempunyai indikasi meningkatkan kadar lipoprotein densitas tinggi (HDL) kolesterol.

Nah…. Di atas sudah menjelaskan bagai mana khasiat temulawak yang mungkin banyak dari kita tidak tahu manfaat dan kegunaannya dalam kesehatan kita.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar